Halaman


Glitter Words

Minggu, 30 Juni 2013



ANALISIS KEBERHASILAN WIRAUSAHA

Nama Usaha    : Es Pisang Ijo “JUSTMINE”
Nama Pemilik  : Riezka Rahmatiana

1.      Riezka Rahmatiana memulai usahanya saat masih kuliah pada tahun 2007 tepatnya di Bandung. Dulu, Ia pernah melakukan usaha bernama ‘Bakso Cilaki’ akan tetapi usahanya yang lebih berkembang adalah “Es Pisang Ijo ‘JUSTMINE’ “ yang sekarang sudah mempunyai 250 outlet dan 8 kedai dan 1 gerai di Selangor, Malaysia. Dengan berkembangnya usaha es pisang ijo, Riezka dapat menembangkan usaha baksonya dan sekarang telah memiliki 7 outlet.
2.      Usaha ini awalnya hanya kecil-kecilnya, namun karena kegigihannya, Ia pun dapat mengembangkan usahanya. Dari 1 gerai ada 10 pewaralaba yang tersebar. Pada tahun 2009 setelah membuka cabang ke-tiga, Ia pun mengubah sistem bisnis dari individu menjadi franchise dan mewaralabakan usahanya.
3.      Modal awal untuk memulai usaha es pisang ijo ia dapatkan dari hasil menjual telepon genggam miliknya, kemudian menjual pulsa , sampai Ia bekerja menjadi salah satu anggota MLM dan juga dari hasil Ia bekerja di sebuah café.
4.      Pemasaran pertama usaha ini hanya sekitar daerah bandung.
5.      Dari tahun 2007 sampai sekarang, Ia menjual produk yang sama yaitu “Es Pisang Ijo ‘JUSTMINE “
6.      Pemilik usaha ini dari dulu sampai sekarang masih sama yaitu Riezka Rahmatiana.
7.      Bentuk kepemilikan usaha ini adalah usaha perseorangan.
8.      Riezka Rahmatiana mempekerjakan 6 orang yang semuanya ikut bekerja keras menunjang usaha waralabanya yang memproduksi 500 lebih porsi setiap harinya.
9.       Sistem manajemen yang diterapkan oleh Riezka Rahmatiana sangatlah sederhana, yaitu dari pemilihan calon mitra. Riezka memilih mitra secara selektif. Bukan hanya sekedar melihat berkas yang diajukan calon mitra, apalagi uang waralaba yang disiapkan oleh mitra, Riezka juga harus memprediksi besarnya potensi pasar terhadap produknya di lokasi tertentu.
10.  Koordinatornya adalah dirinya sendiri. Selain sebagai pemilik usaha, Riezka juga menjadi pelaksana usahanya tersebut.
11.  Prestasi yang pernah Ia capai salah satunya adalah Ia berhasil menjadi finalis tingkat nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008.
12.  7 aspek kelayakan usaha :
a.       Pasar                      : Pasar untuk usaha ini sangatlah luas
              Pemsarannya sudah modern
b.      Teknik                   : teknologi yang digunakan sudah modern
c.       Keuangan              : Usaha ini memiliki prosfek bisnis yang sangat bagus, profit per tahunnya bisa mencapai 10 milyar.
d.      Manajemen            : Pengelolaan sumber daya sangatlah efektif, pemilihan mitra sangatlah selektif.
e.       Lingkungan           : fisik = gerai-gerainya dapat dikatakan sangatlah bagus dan  nyaman
Budaya = usaha ini sudah berdiri selama 6 tahun
f.       Hukum                 
g.      Sosial                     : usaha ini memiliki tenaga kerja yang sangat relevan dibidangnya, dan bayarannya amatlah rutin ditiap bulannya.

13.  Menurut saya, usaha ini dapat berkembang dan dapat bertahan lama. Dilihat dari omset setiap tahunnya yang mecapai 10 miliar pertahun. Serta jenis makanan yang dijualnya sangat sesuai selera orang Indonesia. Riezka Rahmatiana akan terus berinovasi dan akan terus menumbuhkan kreatifitasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar