ANALISIS KEBERHASILAN WIRAUSAHA
Nama Usaha : Es Pisang Ijo “JUSTMINE”
Nama Pemilik : Riezka Rahmatiana
1. Riezka Rahmatiana memulai usahanya saat masih kuliah
pada tahun 2007 tepatnya di Bandung. Dulu, Ia pernah melakukan usaha bernama ‘Bakso
Cilaki’ akan tetapi usahanya yang lebih berkembang adalah “Es Pisang Ijo ‘JUSTMINE’
“ yang sekarang sudah mempunyai 250 outlet dan 8 kedai dan 1 gerai di Selangor,
Malaysia. Dengan berkembangnya usaha es pisang ijo, Riezka dapat menembangkan
usaha baksonya dan sekarang telah memiliki 7 outlet.
2. Usaha ini awalnya hanya kecil-kecilnya, namun karena
kegigihannya, Ia pun dapat mengembangkan usahanya. Dari 1 gerai ada 10
pewaralaba yang tersebar. Pada tahun 2009 setelah membuka cabang ke-tiga, Ia
pun mengubah sistem bisnis dari individu menjadi franchise dan mewaralabakan
usahanya.
3. Modal awal untuk memulai usaha es pisang ijo ia
dapatkan dari hasil menjual telepon genggam miliknya, kemudian menjual pulsa ,
sampai Ia bekerja menjadi salah satu anggota MLM dan juga dari hasil Ia bekerja
di sebuah café.
4. Pemasaran pertama usaha ini hanya sekitar daerah
bandung.
5. Dari tahun 2007 sampai sekarang, Ia menjual produk
yang sama yaitu “Es Pisang Ijo ‘JUSTMINE “
6. Pemilik usaha ini dari dulu sampai sekarang masih
sama yaitu Riezka Rahmatiana.
7. Bentuk kepemilikan usaha ini adalah usaha
perseorangan.
8. Riezka Rahmatiana mempekerjakan 6 orang yang
semuanya ikut bekerja keras menunjang usaha waralabanya yang memproduksi 500
lebih porsi setiap harinya.
9. Sistem
manajemen yang diterapkan oleh Riezka Rahmatiana sangatlah sederhana, yaitu
dari pemilihan calon mitra. Riezka memilih mitra secara selektif. Bukan hanya
sekedar melihat berkas yang diajukan calon mitra, apalagi uang waralaba yang
disiapkan oleh mitra, Riezka juga harus memprediksi besarnya potensi pasar
terhadap produknya di lokasi tertentu.
10. Koordinatornya adalah dirinya sendiri. Selain sebagai
pemilik usaha, Riezka juga menjadi pelaksana usahanya tersebut.
11. Prestasi yang pernah Ia capai salah satunya adalah
Ia berhasil menjadi finalis tingkat nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008.
12. 7 aspek kelayakan usaha :
a.
Pasar :
Pasar untuk usaha ini sangatlah luas
Pemsarannya
sudah modern
b.
Teknik :
teknologi yang digunakan sudah modern
c.
Keuangan :
Usaha ini memiliki prosfek bisnis yang sangat bagus, profit per tahunnya bisa
mencapai 10 milyar.
d.
Manajemen : Pengelolaan sumber daya sangatlah
efektif, pemilihan mitra sangatlah selektif.
e.
Lingkungan : fisik = gerai-gerainya dapat dikatakan
sangatlah bagus dan nyaman
Budaya = usaha ini
sudah berdiri selama 6 tahun
f.
Hukum
g.
Sosial :
usaha ini memiliki tenaga kerja yang sangat relevan dibidangnya, dan bayarannya
amatlah rutin ditiap bulannya.
13. Menurut saya, usaha ini dapat berkembang dan dapat
bertahan lama. Dilihat dari omset setiap tahunnya yang mecapai 10 miliar
pertahun. Serta jenis makanan yang dijualnya sangat sesuai selera orang Indonesia.
Riezka Rahmatiana akan terus berinovasi dan akan terus menumbuhkan
kreatifitasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar